Adab komunikasi dengan lawan jenis


Bismillah…

Komunikasi dengan lawan jenis, di dunia maya alias chat, juga ada adabnya. Chat dengan lawan jenis jika ada perlu saja.  Untuk laki2, jangan receh! Kecuali memang orang yang sudah dianggap sebagai saudara sendiri. Dan seringnya chat di grup. Itu wajar. Lebih baik chat di grup saja. Itu lebih ahsan. Jika memang ada hal yang penting/urgent, boleh chat/japri.

Bagaimana kalau tidak membalas chat yang dirasa tidak begitu penting?  Ya tidak apa2. Bukannya cuek. Tapi menjaga. Menjaga harga diri. Menjaga kehormatan. Karena sekali chat japri, lama-lama akan mengobrol, diskusi inilah itulah. Terus keseringan chat japri. Jadi chat japri yang intens. Ya kalau gak baper, ya gpp. Kalau baper?  Siapa yang akan bertanggung jawab? Lebih baik kalau ingin diskusi atau mengobrol dengan japri, sama sesama jenis sajalah. Kalau ingin diskusi dengan lawan jenis, lebih baik chat di grup saja.

Terus, misalnya laki2 mengajak meet up hanya berdua? Seorang laki-laki dan seorang perempuan?  Menurut hemat saya,  perempuan yang benar-benar menjaga diri, tidak akan mau diajak meet up just two person. Different gender. Right? Ini hanya menurut pendapat saya. Kecuali jika ada hal-hal yang urgent.

Saya bukan orang yang baik. Tapi saya ingin belajar menjadi orang yang baik.

Hijrah menjadi lebih baik.  #Resolusi1440H

Semoga bisa istiqomah di jalan-Mu ya Allah… Istiqomah itu memang sulit. Banyak rintangannya…

You May Like Also

Hi!

Dachi Anha (Selene 6.23)

LEAVE A COMMENT

About me

Ely Rismawati

Ely Rismawati adalah seorang praktisi pendidikan, alumni ITB. Ely aktif dalam kegiatan kerohanian, sosial, serta menulis artikel blog tentang islam, pendidikan dan fisika.

Follow Me

Ikuti update dari social media

Popular Posts

Quote#14

May 22, 2017

Random#2

July 3, 2017

Random#6

July 7, 2017

Celotehku masa-masa hectic

December 12, 2017